03 September 2012

Kopi dapat memperpanjang usia

Kopi dan Kesehatan
Kopi dan kesehatan
Kopi ternyata tidak hanya menjadi bagian dari rutinitas pagi hari. Sebuah hasil riset yang dipublikasikan di The New England Journal of Medicine memberikan indikasi bahwa kopi, bisa menjadi bagian dari upaya hidup sehat. Para peneliti menemukan bahwa mereka yang minum kopi ( baik yang berkafein maupun tanpa kafein) memiliki risiko yang lebih rendah untuk mengalami kematian akibat diabetes, penyakit jantung, penyakit pernapasan, dan komplikasi medis lainnya dibandingkan mereka yang bukan peminum kopi.

Peneliti melakukan survei mengenai kebiasaan minum kopi pada lebih dari 402.000 pria dan wanita yang pada saat dimulai penelitian berusia antara 50-71 tahun dan kemudian diikuti selama kurang lebih 13 tahun (1995-2008). Setelah melakukan penyesuaian dalam analisis statistik, dengan memperhitungkan pengaruh dari faktor-faktor risiko lain seperti konsumsi alkohol dan merokok, para peneliti tersebut menyimpulkan bahwa konsumsi dua cangkir atau lebih kopi per hari berhubungan dengan penurunan risiko kematian sebanyak 10% pada pria dan 15% pada wanita, jika dibandingkan dengan mereka yang bukan peminum kopi. Meskipun tidak bisa disimpulkan sebagai hubungan sebab-akibat, namun hasil penelitian ini menunjukkan adanya keterkaitan yang kuat antara minum kopi dan hidup lebih lama.

Kopi disebutkan memiliki ratusan senyawa, yang salah satunya yaitu asam klorogenat (chlorogenic acid), yang berfungsi sebagai antioksidan (yang membantu tubuh melawan kerusakan oksidatif sel). Asam klorogenat juga dapat mengaktifkan gen yang meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sehubungan dengan konsumsi kopi. Yang memiliki manfaat paling baik untuk kesehatan adalah kopi yang disaring. Kopi yang tidak disaring menyebabkan senyawa cafestol berada dalam minuman, yang dalam beberapa penelitian dikatakan bahwa 5-6 cangkir kopi yang tidak disaring per hari mampu meningkatkan kadar kolesterol darah. Kopi berkafein juga mesti dikonsumsi secara hati-hati oleh mereka yang sedang minum obat-obatan tertentu.

1 comment:

Follow this blog!