24 August 2013

Angka di segitiga 'recycling code' plastik dan risiko kesehatan

Recycling Code
Recycling code
Pada tulisan kali ini kita akan bahas sedikit tentang arti angka-angka yang terdapat di dalam simbol segitiga recycle yang terdapat pada plastik dan implikasinya terhadap kesehatan. Angka pada simbol segitiga recycling code sebenarnya bertujuan untuk identifikasi jenis bahan plastik, sehingga memudahkan saat proses daur ulang dilakukan. Ada 7 angka yang paling sering ditemukan di dalam segitiga kode recycle plastik. Mari kita bahas satu persatu.
Angka 1: Plastik jenis ini berbahan PET (Polyethylene Terephthalate) dan biasanya digunakan dalam pembuatan botol soft-drink, botol air sekali pakai dan tempat kosmetik. Hati-hati dengan plastik berangka 1, karena plastik jenis ini hanya dirancang untuk sekali pakai. Pemakaian ulang dapat meningkatkan risiko bahan plastik larut dengan isi botol plastik. Selain itu pemakaian ulang botol berbahan plastik berangka 1, meningkatkan risiko pertumbuhan bakteri.

Angka 2: Plastik jenis ini berbahan HDPE (High density polyethylene) dan biasanya digunakan dalam pembuatan tas belanjaan, botol susu, botol jus, dan tempat detergen. Plastik dengan angka 2 di kode recycle disebutkan cukup aman untuk kesehatan.
Angka 3: Plastik jenis ini berbahan PVC (Polyvinyl chloride) yang biasa digunakan dalam pembuatan selang, pembungkus kabel, frame jendela dan kantong darah. Plastik dengan angka 3 di kode recycle, disebutkan harus dihindari karena berbahaya untuk kesehatan.
Angka 4: Plastik jenis ini berbahan LDPE (Low density Polyethylene) dan sering digunakan dalam pembuatan pembungkus makanan atau plastic food wrap. Plastik dengan angka 4 di kode recycle, disebutkan cukup aman untuk kesehatan.
Angka 5: Plastik jenis ini berbahan PP (Polypropylene) dan sering digunakan sebagai bahan pembuatan botol obat, pelapis bungkus sereal, pipet, dan pembungkus potato chips. Plastik dengan angka 5 di kode recycle disebutkan cukup aman untuk kesehatan.
Angka 6: Plastik jenis ini berbahan PS (Polystyrene), biasanya digunakan untuk membuat CD, kotak video, alat-alat dapur dari plastik, dan karton tempat telur. Plastik dengan angka 6 di kode recycle, sebaiknya dihindari, karena bersifat karsinogenik atau dapat memicu terjadinya kanker. Plastik dengan angka 6 di kode recycle juga kemungkinan dapat mengganggu sistem hormonal (hormon disrupter).
Angka 7: Plastik jenis ini berbahan PC (Polycarbonate) atau bahan lainnya, dan digunakan pada pembuatan botol minum bayi dan botol pendingin air. Hati-hati dengan plastik dengan angka 7, karena Bisphenol A (BPA) yang terkandung bisa larut dan menyebabkan gangguan atau kerusakan kromosom.

Beberapa tips yang berguna untuk kesehatan sehubungan dengan hal ini adalah:
  • Dalam menyimpan makanan/minuman lebih baik menggunakan alat berbahan gelas atau stainless steel.
  • Kurangi atau hindari paparan dengan plastik yang kode recycle nya berisi angka 1, 3, 6 atau 7.
  • Jangan gunakan botol/alat plastik tempat makan bayi yang memiliki kode recycle dengan angka 7, kecuali ada label bebas BPA. 
  • Sebisa mungkin menggunakan produk-produk yang memiliki label 'BPA Free
Demikian sekilas mengenai makna angka-angka yang ada di kode recycle plastik. Semoga bermanfaat! Stay safe!

No comments:

Post a Comment

Follow this blog!