13 September 2013

Tips memilih kursi bayi di mobil

Pada tulisan kali ini kita akan membahas topik yang berkaitan dengan keselamatan dan kesehatan wisata, khususnya mengenai pentingnya menggunakan kursi khusus untuk anak dan bayi, atau yang lebih dikenal dengan car seat, saat melakukan perjalanan dengan mobil. Peraturan di berbagai negara mewajibkan setiap pengemudi mobil agar memastikan setiap anak  yang berusia kurang dari 5 tahun duduk di car seat. Sebenarnya bukan hanya karena peraturan yang ketat, tapi memang duduk di car seat lebih aman untuk bayi dan anak-anak. Hasil review WHO terhadap berbagai riset terkait dengan hal ini menunjukkan bahwa penggunaan car seat pada balita terbukti menurunkan angka kematian sebesar 50 hingga 80% saat terjadi kecelakaan. Berikut adalah beberapa hal yang penting untuk diperhatikan sehubungan dengan pemilihan car seat untuk bayi dan balita anda.

Pertama yang perlu diperhatikan adalah car seat yang digunakan mesti ada label yang menyatakan telah di disetujui dan memenuhi standar keselamatan. Perhatikan tahun pembuatan saat membeli car seat baik yang baru maupun bekas. Usia car seat sebaiknya tidak lebih dari 6 tahun.
Sampai usia 2 tahun, car seat disarankan dipasang "rear-facing" atau menghadap kebelakang.Rear-facing lebih aman karena jika terjadi kecelakaan, badan bayi akan terdorong ke belakang kursi bayi, sehingga kepala, leher dan tulang punggung tersangga dengan baik. Lalu bagaimana kalau ditabrak dari belakang? Back-hit, merupakan jenis kecelakaan yang umumnya ringan, dimana secara statistik hanya 4% yang fatal.
Kursi belakang adalah tempat yang paling aman untuk meletakkan car seat Hindari meletakkan di kursi depan terutama pada kendaraan yg memiliki air bag, karena dapat menimbulkan cedera akibat tekanan yang diberikan saat kecelakaan terjadi.
Infant capsule
Infant capsule
Pilihlah car seat yang sesuai dengan usia, berat dan panjang bayi/anak agar memberikan perlindungan maksimal. Infant-capsule stabil menyangga kepala dan cocok untuk bayi baru lahir hingga berusia beberapa bulan. Kursi bayi jenis ini bisa digunakan hingga berat badan bayi mencapai 16 kg, tapi paling nyaman digunakan hingga berat bayi mencapai 9 kg. Hal ini sangat tergantung juga pada merk dan produsen. Jadi sebaiknya baca baik-baik buku manual, terutama informasi mengenai berat bayi yang dianjurkan.
Convertible seat
Convertible seat
Kalau infant-capsule hanya untuk rear-facing (menghadap kebelakang), convertible seat bisa diubah menjadi forward-facing (menghadap kedepan). Convertible seat juga lebih ekonomis karena bisa dipakai lebih lama. Untuk sekedar informasi, harga infant-capsule juga lumayan mahal. Convertible seat cocok untuk bayi baru lahir hingga berat mencapai 36 kg. Seperti yang disebutkan sebelumnya, bisa digunakan dengan mengahadap ke belakang atau depan.
Kapan saat berubah dari rear- ke forward-facing? Ini sangat tergantung dari berat dan tinggi bayi. Acuan umum yang digunakan adalah rear-facing sebaiknya hingga usia 2 tahun atau tungkai bawah bayi sudah tidak nyaman dengan posisi tersebut. Sudah tertekuk dan tidak nyaman menempel di dinding belakang jok mobil.
Setelah itu adalah kursi bayi jenis forward-facing-only, yang hanya bisa digunakan dengan posisi menghadap kedepan, dan cocok untuk anak dengan berat badan 10-36kg.
Beberapa hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah:

  • Memastikan agar car seat terpasang dengan baik, tidak longgar atau tergeser lebih dari 3 cm. Gunakan lutut untuk menekan saat pemasangan sebelum sabuk pengaman kendaraan dikencangkan. Gunakan klip pengunci khusus agar sabuk pengaman tidak bergeser yang dapat melonggarkan car seat. 
  • Sudut kemiringan yang ideal dan aman saat pemasangan infant-capsule atau car seat yang menghadap kebelakang adalah 45 derajat. 
  • Kepala bayi harus berada setidaknya 6 cm dari pinggir atas car seat untuk memberikan proteksi maksimal. 
  • Gunakan pakaian yang sesuai yang memungkinkan kedua tungkai bawah bayi tetap bebas saat berada di kursi bayi.
  • Car seat tidak dirancang untuk menjadi tempat duduk dalam waktu lama. Jika melakukan perjalanan panjang usahakan berhenti atau istirahat tiap 1 jam.
Hampir semua negara-negara maju memiliki peraturan yang ketat mengenai car seat. Cek dengan baik sebelum bepergian, sehingga tidak terlantar karena tidak ada taksi yang mau mengangkut.
Have a healthy and safe travel!

1 comment:

  1. dari info terakhir, masih belum ada sih di seva pusat mobil murah yang menyarakan mobil dengan kursi untuk bayi, semoga kedepannya ada ya

    ReplyDelete

Follow this blog!