11 May 2009

Menikmati Keindahan Oslo

O.S.L.O
Pada tulisan kali ini, saya akan bercerita sedikit mengenai tempat-tempat yang menarik untuk di kunjungi di ibukota Norwegia, Oslo. Saat ditulis, ini adalah kunjungan saya yang ketiga kalinya di kota yang sering disebut sebagai "City of the Midnight Sun". Julukan tersebut diberikan karena matahari terkadang belum tenggelam meskipun sudah malam saat puncak musim panas. Yang paling menarik dari Oslo adalah letaknya yang dikelilingi oleh "Fjord" yang menawan. "Fjord" adalah istilah untuk teluk-teluk yang sempit dan memanjang dan dikelilingi oleh tebing-tebing yang tinggi, yang banyak dijumpai di Norwegia dan Islandia (kalau yang ini belum pernah saya kunjungi). Kota Oslo sendiri tidak terlalu besar, sangat cocok dinikmati dengan berjalan kaki dan bahkan bisa dihabiskan dalam satu hari. Apalagi ada Trikken (Tram) dan T-Bane (Subway atau Metro) alat transportasi publik yang nyaman, walaupun harganya sedikit lebih mahal (kalau ini saya bandingkan dengan transportasi publik di Melbourne).

Karl Johans Gate
Yang menjadi favorit saya adalah menyusuri jalur sepanjang Karl Johans Gate, yang membentang dari Oslo Central Station hingga ke Istana Raja (Norwegian Royal Pallace). Suasana yang selalu terlihat santai, sebagaimana orang-orangnya, berbalut dengan indahnya arsitektur eklektik kota, perpaduan bangunan tua bergaya "Rococo" dengan beberapa bangunan bercorak "Romawi" dan "Gothic", atau hanya sekedar "plain" seperti arsitektur istana rajanya hehe.... Beberapa tempat wisata yang ada di jalur ini adalah Stortinget (gedung parlemen), National Theatre, bangunan lama University of Oslo, Palace Park, Spikersuppa dan tentunya berujung di Royal Palace. Tidak seperti istana raja yang megah di tempat lain (kali ini saya membandingkan dengan Grand Palace di Bangkok hehe), Norwegian Royal Palace tampak sperti bangunan modern yang biasa-biasa saja, dengan penjagaan prajurit kerajaan yang berpatroli dan berganti tugas tiap beberapa jam. Oya, jangan lewatkan momen saat prajurit-prajurit ini berganti posisi, lumayan berharga untuk diabadikan.
Kota ini kaya akan museum bersejarah, dari yang paling banyak dikunjungi, National Gallery, karena menyimpan lukisan Edvard Munch, "The Scream", hingga  Viking Ship Museum, dimana kita bisa sedikit merasakan bekas-bekas kejayaan bangsa Viking. Di sini juga ada Opera House, yang walaupun tidak seindah yang ada di Sydney, namun pengunjung bisa berjalan dan melihat pemandangan dari atas atapnya. Sesuatu yang tidak bisa dilakukan di Sydeny Opera House hehe... Untuk menuju Oslo Opera House, gunakan jembatan penyebrangan yang ada di dekat Oslo Central Station.


Vigelandsparken
Salah satu landmark kota dan taman yang paling sering dikunjungi wisatawan adalah Vigelandsparken (Vigeland Sculpture Park).  Patung-patung yang ada di tempat ini terbuat dari perunggu, granit dan besi dan katanya menggambarkan segala sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan berkeluarga, dengan komposisi yang sangat unik dan rasanya tidak ada ditempat lain. Untuk menuju tempat ini, paling mudah dengan menggunakan Tram nomor 12. Kalau dari Central Station (Jernbane-torget) cari Tram yang ke arah Majorstuen, dan berhenti di Vigelandsparken station. Jalur tram yang sama (Tram 12) juga melewati kawasan pelabuhan Aker Brigge, dimana kita juga bisa menemukan bangunan penting, Nobel Peace Center, dimana di tempat ini setiap tahun diadakan acara penganugerahan Nobel perdamaian. Jadi kalau masih di Vigelandsparken, naik Tram yang sama (Tram 12) yang menuju kearah Kjelsås dan berhenti di Aker Brygge station. Silahkan di eksplorasi kawasan ini, karena banyak tempat-tempat menarik, sebagaimana indahnya kawasan waterfront di negara-negara maju, sambil menikmati keindahan Oslofjord, termasuk jangan lupa mampir di Rådhusplassen (The City Hall Square). Oya, jangan lupa ambil peta alat transportasi yang ada di Visitor Centre, yang ada di sentral station sebelum keliling kota. Untuk peta jalur Tram, bisa juga diunduh di sini.
Inside the Noble Peace Centre
Keluar sedikit dari kawasan kota, sambil mencoba T-banen, tempat yang layak dikunjungi adalah Holmenkollen Ski Jump, yang katanya adalah Ski Jump paling modern di dunia saat ini dan selalu menjadi kebanggaan Oslo. Di kawasan ini kita dapat mengunjungi Ski Museum yang berisikan sejarah Ski sejak beribu tahun yang lalu dan ekspedisi kutub (Polar expeditions) Fridtjof Nansen and Roald Amundsen, orang pertama yang justru mencapai kutub selatan. Pengunjung juga bisa naik ke atas Ski Tower dan melihat Kota Oslo yang dikelilingi Fjord dari ketinggian. Untuk mencapai tempat ini, dari Oslo bisa menggunakan T-bane yang menuju ke arah Frognerseteren (Jalur no 1), dan berhenti di Holmenkollen Train Station. Oya, Map T-bane bisa di unduh di sini.

Baca juga cerita perjalanan saya yang lainnya di tulisan berlabel Travelling

No comments:

Post a Comment

Follow this blog!