03 July 2012

Nyeri dada saat berbaring ke kiri?

"Dengan hormat,
Saya, wanita dg usia 22th tinggi 156cm berat 46 kg mempunyai keluhan merasa nyeri dada di sebelah kiri, terkadang sulit untuk bernafas. Selain itu telapak kaki dan tangan selalu berkeringat. Bahkan tidak bisa tidur dengan posisi badan miring ke kiri meskipun hanya sebentar, karena setiap miring ke kiri dada terasa nyeri dan nafas terasa setengah-setengah. Saya pun mengalami kesulitan tidur akhir-akhir ini, saya baru bisa tidur sekitar jam 2 pagi keatas. Apakah itu tanda2 penyakit jantung Dok?
Saya belum pernah memeriksakannya karena takut jika mendengar hasil yang tidak diharapkan.

Mohon penjelasan mengenai hal itu. Terima kasih sebelumnya.
D.R."

Penyebab Nyeri Dada
Penyebab Nyeri Dada
Penyakit jantung jarang ditandai dengan nyeri dada yang hanya dirasakan saat posisi berbaring ke kiri. Gejala yang dialami sepertinya menunjukkan adanya kelainan yang bisa berupa peradangan di sambungan antara tulang rawan iga dengan tulang dada yang disebut dengan Costochondritis. Coba atasi dengan kompres hangat dulu, ditambah dengan obat penghilang rasa nyeri.
Nyeri karena penyakit/serangan jantung pada wanita memang sering tidak khas dan sulit diidentifikasi. Pada wanita gejala bisa berupa rasa tidak nyaman di bagian dada, nyeri yang menyebar ke bagian punggung, perut atau tangan.
Pada laki-laki, gejalanya sering lebih khas berupa nyeri dada seperti tertekan yang menjalar ke lengan kiri, leher atau punggung, meskipun hampir sekitar 30% nya juga tidak mengalami gejala yang khas.

1 comment:

  1. Dok.saya mau bertanya.usia 53 th.berat badan 90 kg.tinggi 168 cm.saya mempunyai keluhan kenapa yaa saat saya miring kesebalah kiri .saya merasa spt hilang ingatan..dada saya tidak merasa sakit..kira kira penyakit ini apa ya dok..mohonz sekali penjelasannya..

    ReplyDelete

Follow this blog!