21 February 2009

The Alma Ata Primary Health Care Video

Pada September 1978, perwakilan134 negara, 67 organisasi internasional dan NGO duduk bersama dalam sebuah Konferensi Internasional tentang Primary Health Care yang baru pertama kali dilaksankan. Kegiatan ini bertempat di Alma Ata, Kazakhstan. Pada pertemuan inilah konsep dasar pelayanan kesehatan dasar mulai diperkenalkan dan tujuan ambisius Heath for All dikumandangkan.

Tujuan dari pengenalan konsep ini pada dasarnya adalah bersifat sosial walaupun dalam pelaksanaan nuansa politiknya lebih kental. Isu utama yang diusung adalah bagaimana mengatasi inequality atau perbedaan status kesehatan di berbagai negara.

Lebih jauh isu perbedaan ini digunakan sebagai langkah untuk mengatasi kesenjangan dan inequity (inequalities yang tidak fair dan adil) antara kelompok kaya dan miskin.

Mulai tahun1970an kesepakatan ini mulai diterapkan dinegara berkembang dan konsep ini memberikan implikasi yang lebih luas dari sekedar pengobatan penyakit. Antusiasme dari semua pihak menandai perkembangan konsep ini dan penekanan adalah pada bagaimana meningkatkan akses untuk semua ras, sosial ekonomi dan etnik.

Silahkan simak videonya!

No comments:

Post a Comment

Follow this blog!